Platform digital membentuk kembali hubungan antara pelanggan, pekerja, dan pengusaha ketika jangkauan chip silikon meresapi hampir semua yang kita lakukan — dari membeli bahan makanan online hingga menemukan mitra di situs web kencan. Ketika daya komputasi meningkat secara dramatis dan semakin banyak orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam ekonomi digital, kita harus berpikir dengan hati-hati tentang bagaimana merancang kebijakan yang akan memungkinkan kita untuk mengeksploitasi sepenuhnya manfaat revolusi digital sambil meminimalkan dislokasi pekerjaan.
Transformasi digital ini dihasilkan dari apa yang oleh para ekonom yang mempelajari kemajuan ilmiah dan perubahan teknis sebut sebagai teknologi tujuan umum — yaitu teknologi yang memiliki kekuatan untuk terus-menerus mengubah dirinya, secara progresif bercabang dan meningkatkan produktivitas di semua sektor dan industri. Transformasi seperti itu jarang terjadi. Hanya tiga teknologi sebelumnya yang memperoleh perbedaan ini: mesin uap, generator listrik, dan mesin cetak. Perubahan ini membawa manfaat jangka panjang yang sangat besar. Mesin uap, awalnya dirancang untuk memompa air keluar dari tambang, memunculkan jalur kereta api dan industri melalui penerapan tenaga mekanik. Keuntungan bertambah ketika petani dan pedagang mengirimkan barang-barang mereka dari pedalaman suatu negara ke pantai, memfasilitasi perdagangan.
Adopsi — tetapi juga beradaptasi
Sesuai sifatnya, revolusi teknologi untuk tujuan umum juga sangat mengganggu. Orang-orang Luddit pada awal abad ke-19 menentang dan mencoba menghancurkan mesin-mesin yang membuat keterampilan menenun mereka menjadi usang, meskipun mesin-mesin itu mengantarkan keterampilan dan pekerjaan baru. Gangguan seperti itu terjadi justru karena teknologi baru itu begitu fleksibel dan meresap. Akibatnya, banyak manfaat datang bukan hanya dari mengadopsi teknologi, tetapi dari beradaptasi dengan teknologi. Munculnya pembangkit listrik memungkinkan daya untuk disampaikan secara tepat kapan dan di mana diperlukan, sangat meningkatkan efisiensi manufaktur dan membuka jalan bagi lini produksi modern. Dalam nada yang sama, Uber adalah perusahaan taksi yang menggunakan teknologi digital untuk memberikan layanan yang lebih baik.
Komponen penting dari teknologi yang mengganggu adalah bahwa ia harus terlebih dahulu diadopsi secara luas sebelum masyarakat beradaptasi dengannya. Pengiriman listrik tergantung pada generator. Revolusi teknologi saat ini tergantung pada komputer, tulang punggung teknis Internet, mesin pencari, dan platform digital. Karena keterlambatan yang terlibat dalam beradaptasi dengan proses baru, seperti mengganti pencetakan tradisional dengan penerbitan online, dibutuhkan waktu sebelum pertumbuhan output dipercepat. Pada tahap awal revolusi semacam itu, semakin banyak sumber daya yang dikhususkan untuk inovasi dan reorganisasi yang manfaatnya baru terwujud jauh kemudian.
Misalnya, ketika James Watt memasarkan mesin yang relatif efisien pada 1774, butuh waktu hingga 1812 untuk lokomotif uap pertama yang berhasil secara komersial muncul. Dan baru pada tahun 1830-an output Inggris per kapita jelas dipercepat. Mungkin tidak mengherankan bahwa revolusi digital belum muncul dalam statistik produktivitas belum - setelah semua, komputer pribadi muncul hanya sekitar 40 tahun yang lalu.
Tapi jangan salah — revolusi digital sedang berjalan. Selain mengubah pekerjaan dan keterampilan, industri ini juga merombak industri seperti ritel dan penerbitan dan mungkin — di masa depan yang tidak terlalu jauh — truk dan perbankan. Di Inggris, transaksi internet sudah mencapai hampir seperlima dari penjualan ritel, tidak termasuk bensin, naik dari hanya satu-dua puluh pada tahun 2008. Dan situs e-commerce menerapkan keterampilan data mereka untuk membiayai. Raksasa e-commerce China Alibaba sudah memiliki bank dan menggunakan pengetahuan tentang pelanggannya untuk memberikan pinjaman skala kecil kepada konsumen Cina. Amazon.com, situs e-commerce Amerika, bergerak ke arah yang sama.
Sementara itu, cryptocurrency anonim seperti Bitcoin menghadirkan tantangan untuk upaya memerangi pencucian uang dan kegiatan ilegal lainnya. Tetapi apa yang membuat aset ini menarik juga membuatnya berpotensi berbahaya. Cryptocurrency dapat digunakan untuk perdagangan obat-obatan terlarang, senjata api, alat peretasan, dan bahan kimia beracun. Di sisi lain, teknologi yang mendasari di balik mata uang ini (blockchain) kemungkinan akan merevolusi keuangan dengan membuat transaksi lebih cepat dan lebih aman, sementara informasi yang lebih baik tentang klien potensial dapat meningkatkan penetapan harga pinjaman melalui penilaian yang lebih baik tentang kemungkinan pembayaran. Kerangka kerja regulasi perlu memastikan integritas keuangan dan melindungi konsumen sambil tetap mendukung efisiensi dan inovasi.
Ke depan, kita mungkin melihat lebih banyak gangguan dari terobosan dalam komputasi kuantum, yang akan memfasilitasi perhitungan yang berada di luar kemampuan komputer tradisional. Sambil mengaktifkan produk baru yang menarik, komputer ini dapat membatalkan bahkan beberapa teknologi baru. Misalnya, mereka dapat membuat standar saat ini dalam kriptologi menjadi usang, berpotensi mempengaruhi komunikasi dan privasi di tingkat global. Dan ini hanyalah salah satu aspek dari ancaman terhadap keamanan dunia maya, suatu masalah yang menjadi semakin penting, mengingat bahwa hampir semua layanan publik yang penting dan informasi pribadi sekarang online.
Sesuai sifatnya, revolusi teknologi untuk tujuan umum juga sangat mengganggu. Orang-orang Luddit pada awal abad ke-19 menentang dan mencoba menghancurkan mesin-mesin yang membuat keterampilan menenun mereka menjadi usang, meskipun mesin-mesin itu mengantarkan keterampilan dan pekerjaan baru. Gangguan seperti itu terjadi justru karena teknologi baru itu begitu fleksibel dan meresap. Akibatnya, banyak manfaat datang bukan hanya dari mengadopsi teknologi, tetapi dari beradaptasi dengan teknologi. Munculnya pembangkit listrik memungkinkan daya untuk disampaikan secara tepat kapan dan di mana diperlukan, sangat meningkatkan efisiensi manufaktur dan membuka jalan bagi lini produksi modern. Dalam nada yang sama, Uber adalah perusahaan taksi yang menggunakan teknologi digital untuk memberikan layanan yang lebih baik.
Komponen penting dari teknologi yang mengganggu adalah bahwa ia harus terlebih dahulu diadopsi secara luas sebelum masyarakat beradaptasi dengannya. Pengiriman listrik tergantung pada generator. Revolusi teknologi saat ini tergantung pada komputer, tulang punggung teknis Internet, mesin pencari, dan platform digital. Karena keterlambatan yang terlibat dalam beradaptasi dengan proses baru, seperti mengganti pencetakan tradisional dengan penerbitan online, dibutuhkan waktu sebelum pertumbuhan output dipercepat. Pada tahap awal revolusi semacam itu, semakin banyak sumber daya yang dikhususkan untuk inovasi dan reorganisasi yang manfaatnya baru terwujud jauh kemudian.
Misalnya, ketika James Watt memasarkan mesin yang relatif efisien pada 1774, butuh waktu hingga 1812 untuk lokomotif uap pertama yang berhasil secara komersial muncul. Dan baru pada tahun 1830-an output Inggris per kapita jelas dipercepat. Mungkin tidak mengherankan bahwa revolusi digital belum muncul dalam statistik produktivitas belum - setelah semua, komputer pribadi muncul hanya sekitar 40 tahun yang lalu.
Tapi jangan salah — revolusi digital sedang berjalan. Selain mengubah pekerjaan dan keterampilan, industri ini juga merombak industri seperti ritel dan penerbitan dan mungkin — di masa depan yang tidak terlalu jauh — truk dan perbankan. Di Inggris, transaksi internet sudah mencapai hampir seperlima dari penjualan ritel, tidak termasuk bensin, naik dari hanya satu-dua puluh pada tahun 2008. Dan situs e-commerce menerapkan keterampilan data mereka untuk membiayai. Raksasa e-commerce China Alibaba sudah memiliki bank dan menggunakan pengetahuan tentang pelanggannya untuk memberikan pinjaman skala kecil kepada konsumen Cina. Amazon.com, situs e-commerce Amerika, bergerak ke arah yang sama.
Sementara itu, cryptocurrency anonim seperti Bitcoin menghadirkan tantangan untuk upaya memerangi pencucian uang dan kegiatan ilegal lainnya. Tetapi apa yang membuat aset ini menarik juga membuatnya berpotensi berbahaya. Cryptocurrency dapat digunakan untuk perdagangan obat-obatan terlarang, senjata api, alat peretasan, dan bahan kimia beracun. Di sisi lain, teknologi yang mendasari di balik mata uang ini (blockchain) kemungkinan akan merevolusi keuangan dengan membuat transaksi lebih cepat dan lebih aman, sementara informasi yang lebih baik tentang klien potensial dapat meningkatkan penetapan harga pinjaman melalui penilaian yang lebih baik tentang kemungkinan pembayaran. Kerangka kerja regulasi perlu memastikan integritas keuangan dan melindungi konsumen sambil tetap mendukung efisiensi dan inovasi.
Ke depan, kita mungkin melihat lebih banyak gangguan dari terobosan dalam komputasi kuantum, yang akan memfasilitasi perhitungan yang berada di luar kemampuan komputer tradisional. Sambil mengaktifkan produk baru yang menarik, komputer ini dapat membatalkan bahkan beberapa teknologi baru. Misalnya, mereka dapat membuat standar saat ini dalam kriptologi menjadi usang, berpotensi mempengaruhi komunikasi dan privasi di tingkat global. Dan ini hanyalah salah satu aspek dari ancaman terhadap keamanan dunia maya, suatu masalah yang menjadi semakin penting, mengingat bahwa hampir semua layanan publik yang penting dan informasi pribadi sekarang online.
Langkah yang dipercepat
Digitalisasi juga akan mengubah pekerjaan orang. Pekerjaan hingga sepertiga dari tenaga kerja AS, atau sekitar 50 juta orang, dapat diubah pada tahun 2020, menurut sebuah laporan yang diterbitkan tahun lalu oleh McKinsey Global Institute. Studi ini juga memperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua kegiatan berbayar dapat diotomatisasi menggunakan robotika yang ada dan teknologi pembelajaran buatan dan mesin. Sebagai contoh, komputer belajar tidak hanya untuk mengemudi taksi tetapi juga untuk memeriksa tanda-tanda kanker, tugas yang saat ini dilakukan oleh ahli radiologi yang dibayar relatif baik. Sementara pandangan berbeda-beda, jelas bahwa akan ada potensi kehilangan pekerjaan dan transformasi besar di semua sektor dan tingkat gaji, termasuk kelompok yang sebelumnya dianggap aman dari otomatisasi.
Sebagai studi McKinsey menggarisbawahi, setelah awal yang lambat, laju transformasi terus meningkat. Smartphone di mana-mana tidak terbayangkan oleh orang kebanyakan pada pergantian abad ke-21. Sekarang, lebih dari 4 miliar orang memiliki akses ke perangkat genggam yang memiliki daya komputasi lebih besar daripada Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS yang digunakan untuk mengirim dua orang ke bulan. Namun superkomputer kecil ini sering digunakan hanya sebagai telepon sederhana, sehingga sumber daya komputasi yang besar tidak digunakan.
Satu hal yang pasti: tidak ada jalan untuk kembali sekarang. Teknologi digital akan menyebar lebih jauh, dan upaya untuk mengabaikannya atau membuat undang-undang menentangnya kemungkinan akan gagal. Pertanyaannya adalah "bukan apakah Anda 'untuk' atau 'melawan' kecerdasan buatan - itu seperti bertanya kepada leluhur kita apakah mereka mendukung atau melawan api," kata Max Tegmark, seorang profesor di Massachusetts Institute of Technology dalam sebuah wawancara Washington Post baru-baru ini. . Tetapi gangguan dan ketidakpastian ekonomi dapat memicu kecemasan sosial tentang masa depan, dengan konsekuensi politik. Ketakutan saat ini tentang paralel otomatisasi pekerjaan John Maynard Keynes pada tahun 1930 tentang meningkatnya pengangguran teknologi. Kita tahu, tentu saja, bahwa manusia pada akhirnya beradaptasi untuk menggunakan tenaga uap dan listrik, dan kemungkinan kita akan melakukannya lagi dengan revolusi digital.
Jawabannya tidak terletak pada penolakan tetapi dalam menyusun kebijakan cerdas yang memaksimalkan manfaat teknologi baru sambil meminimalkan gangguan jangka pendek yang tak terhindarkan. Kuncinya adalah fokus pada kebijakan yang merespons perubahan organisasi yang didorong oleh revolusi digital. Elektrifikasi industri AS pada awal abad ke-20 diuntungkan dari sistem pendidikan yang fleksibel yang memberi orang-orang memasuki angkatan kerja keterampilan yang diperlukan untuk beralih dari pekerjaan pertanian serta peluang pelatihan bagi pekerja yang ada untuk mengembangkan keterampilan baru. Dengan cara yang sama, pendidikan dan pelatihan harus memberi pekerja saat ini sarana untuk berkembang dalam ekonomi baru di mana tugas kognitif berulang — dari mengendarai truk hingga menganalisis pemindaian medis — digantikan oleh keterampilan baru seperti rekayasa web dan melindungi keamanan siber. Secara lebih umum, pekerjaan di masa depan mungkin akan menekankan empati dan orisinalitas manusia: para profesional dianggap paling mungkin menjadi usang termasuk guru sekolah pembibitan, pendeta, dan seniman.
Satu perbedaan yang jelas antara revolusi digital dan revolusi uap dan listrik adalah kecepatan di mana teknologi ini tersebar di berbagai negara. Sementara Jerman dan Inggris mengikuti AS mengambil listrik relatif cepat, laju difusi di seluruh dunia relatif lambat. Pada 1920, Amerika Serikat masih memproduksi setengah dari listrik dunia. Sebaliknya, tenaga kerja revolusi digital — komputer, Internet, dan kecerdasan buatan yang didukung oleh tenaga listrik dan data besar — tersedia secara luas. Memang, sangat mengejutkan bahwa negara-negara yang kurang berkembang memimpin teknologi di banyak bidang, seperti pembayaran mobile (Kenya), pendaftaran tanah digital (India), dan e-commerce (Cina). Negara-negara ini memfasilitasi adopsi cepat teknologi baru karena, tidak seperti banyak ekonomi maju, mereka tidak macet dalam infrastruktur yang sudah ada sebelumnya atau infrastruktur kuno. Ini berarti peluang luar biasa untuk coba-coba menemukan kebijakan yang lebih baik, tetapi juga risiko perlombaan kompetitif ke dasar di seluruh negara.
Meskipun revolusi digital bersifat global, langkah adaptasi dan reaksi kebijakan akan — benar atau salah — sebagian besar bersifat nasional atau regional, yang mencerminkan berbagai struktur ekonomi dan preferensi sosial. Revolusi jelas akan mempengaruhi ekonomi yang merupakan pusat keuangan, seperti Singapura dan Hong Kong SAR, berbeda dari, misalnya, produsen minyak khusus seperti Kuwait, Qatar, dan Arab Saudi. Sama halnya, respons terhadap teknologi produksi otomatis akan mencerminkan pandangan masyarakat yang mungkin berbeda tentang perlindungan pekerjaan. Jika preferensi berbeda, kerja sama internasional kemungkinan akan melibatkan pertukaran pengalaman kebijakan mana yang paling berhasil. Pertimbangan serupa berlaku untuk respons kebijakan terhadap meningkatnya ketimpangan, yang mungkin akan terus menyertai penemuan bertahap cara terbaik untuk mengatur perusahaan di sekitar teknologi baru. Ketimpangan meningkat seiring dengan melebarnya kesenjangan dalam efisiensi dan nilai pasar antara perusahaan dengan model bisnis baru dan yang belum direorganisasi. Kesenjangan ini menutup hanya sekali proses lama sebagian besar telah diganti.
Kebijakan pendidikan dan persaingan juga perlu disesuaikan. Sekolah dan universitas harus menyediakan keterampilan yang dibutuhkan generasi mendatang untuk bekerja di ekonomi yang sedang tumbuh. Tetapi masyarakat juga perlu memberi penghargaan pada pekerja pelatihan ulang yang keterampilannya telah menurun. Demikian pula, reorganisasi produksi menempatkan tekanan baru pada kebijakan persaingan untuk memastikan bahwa teknik-teknik baru tidak menjadi provinsi dari beberapa perusahaan yang datang pertama dalam lotre pemenang-ambil-semua. Sebagai tanda bahwa inilah yang sedang terjadi, Oxfam International baru-baru ini melaporkan bahwa delapan orang memiliki lebih banyak aset daripada gabungan 3,6 miliar termiskin.
Monopoli kereta api abad ke-19 membutuhkan penghancuran kepercayaan. Tetapi kebijakan persaingan lebih sulit ketika pesaing di masa depan lebih kecil kemungkinannya untuk muncul dari perusahaan besar yang sudah ada dibandingkan dengan perusahaan kecil dengan pendekatan inovatif yang memiliki kapasitas untuk pertumbuhan yang cepat. Bagaimana kita dapat memastikan bahwa Google atau Facebook berikutnya tidak dihabiskan oleh perusahaan yang sudah mapan?
Satu perbedaan yang jelas antara revolusi digital dan revolusi uap dan listrik adalah kecepatan di mana teknologi ini tersebar di berbagai negara. Sementara Jerman dan Inggris mengikuti AS mengambil listrik relatif cepat, laju difusi di seluruh dunia relatif lambat. Pada 1920, Amerika Serikat masih memproduksi setengah dari listrik dunia. Sebaliknya, tenaga kerja revolusi digital — komputer, Internet, dan kecerdasan buatan yang didukung oleh tenaga listrik dan data besar — tersedia secara luas. Memang, sangat mengejutkan bahwa negara-negara yang kurang berkembang memimpin teknologi di banyak bidang, seperti pembayaran mobile (Kenya), pendaftaran tanah digital (India), dan e-commerce (Cina). Negara-negara ini memfasilitasi adopsi cepat teknologi baru karena, tidak seperti banyak ekonomi maju, mereka tidak macet dalam infrastruktur yang sudah ada sebelumnya atau infrastruktur kuno. Ini berarti peluang luar biasa untuk coba-coba menemukan kebijakan yang lebih baik, tetapi juga risiko perlombaan kompetitif ke dasar di seluruh negara.
Meskipun revolusi digital bersifat global, langkah adaptasi dan reaksi kebijakan akan — benar atau salah — sebagian besar bersifat nasional atau regional, yang mencerminkan berbagai struktur ekonomi dan preferensi sosial. Revolusi jelas akan mempengaruhi ekonomi yang merupakan pusat keuangan, seperti Singapura dan Hong Kong SAR, berbeda dari, misalnya, produsen minyak khusus seperti Kuwait, Qatar, dan Arab Saudi. Sama halnya, respons terhadap teknologi produksi otomatis akan mencerminkan pandangan masyarakat yang mungkin berbeda tentang perlindungan pekerjaan. Jika preferensi berbeda, kerja sama internasional kemungkinan akan melibatkan pertukaran pengalaman kebijakan mana yang paling berhasil. Pertimbangan serupa berlaku untuk respons kebijakan terhadap meningkatnya ketimpangan, yang mungkin akan terus menyertai penemuan bertahap cara terbaik untuk mengatur perusahaan di sekitar teknologi baru. Ketimpangan meningkat seiring dengan melebarnya kesenjangan dalam efisiensi dan nilai pasar antara perusahaan dengan model bisnis baru dan yang belum direorganisasi. Kesenjangan ini menutup hanya sekali proses lama sebagian besar telah diganti.
Kebijakan pendidikan dan persaingan juga perlu disesuaikan. Sekolah dan universitas harus menyediakan keterampilan yang dibutuhkan generasi mendatang untuk bekerja di ekonomi yang sedang tumbuh. Tetapi masyarakat juga perlu memberi penghargaan pada pekerja pelatihan ulang yang keterampilannya telah menurun. Demikian pula, reorganisasi produksi menempatkan tekanan baru pada kebijakan persaingan untuk memastikan bahwa teknik-teknik baru tidak menjadi provinsi dari beberapa perusahaan yang datang pertama dalam lotre pemenang-ambil-semua. Sebagai tanda bahwa inilah yang sedang terjadi, Oxfam International baru-baru ini melaporkan bahwa delapan orang memiliki lebih banyak aset daripada gabungan 3,6 miliar termiskin.
Monopoli kereta api abad ke-19 membutuhkan penghancuran kepercayaan. Tetapi kebijakan persaingan lebih sulit ketika pesaing di masa depan lebih kecil kemungkinannya untuk muncul dari perusahaan besar yang sudah ada dibandingkan dengan perusahaan kecil dengan pendekatan inovatif yang memiliki kapasitas untuk pertumbuhan yang cepat. Bagaimana kita dapat memastikan bahwa Google atau Facebook berikutnya tidak dihabiskan oleh perusahaan yang sudah mapan?
Menghindari balapan ke bawah
Mengingat jangkauan global teknologi digital, dan risiko perlombaan ke bawah, ada kebutuhan untuk kerja sama kebijakan yang serupa dengan pasar keuangan global dan lalu lintas laut dan udara. Dalam arena digital, kerja sama tersebut dapat mencakup pengaturan perawatan data pribadi, yang sulit diawasi dengan cara spesifik negara, mengingat sifat internasional Internet, serta aset tidak berwujud, yang sifat dan lokasinya yang agak amorf dapat mempersulit perpajakan perusahaan digital. Dan sistem pengawasan keuangan yang diarahkan untuk memantau transaksi antar lembaga keuangan akan mengalami kesulitan dalam berurusan dengan pertumbuhan pembayaran peer-to-peer, termasuk ketika menyangkut pencegahan pendanaan kejahatan.
Pentingnya kerjasama juga menyiratkan peran bagi organisasi internasional global seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Lembaga-lembaga ini, dengan keanggotaan luas mereka, dapat menyediakan forum untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh revolusi digital, menyarankan solusi kebijakan yang efektif, dan garis besar pedoman kebijakan. Agar berhasil, pembuat kebijakan perlu merespons dengan cepat situasi yang berubah, mengintegrasikan pengalaman lintas negara dan masalah, dan menyesuaikan saran secara efektif dengan kebutuhan negara.
Revolusi digital harus diterima dan ditingkatkan daripada diabaikan dan ditekan. Sejarah teknologi tujuan umum sebelumnya menunjukkan bahwa bahkan dengan dislokasi jangka pendek, mengatur kembali ekonomi di sekitar teknologi revolusioner menghasilkan manfaat jangka panjang yang sangat besar. Ini tidak meniadakan peran kebijakan publik. Sebaliknya, justru pada saat perubahan teknologi yang hebat kebijakan yang masuk akal dibutuhkan. Pabrik-pabrik yang diciptakan oleh usia uap juga mengantarkan peraturan tentang jam kerja, tenaga kerja remaja, dan kondisi pabrik.
Demikian pula, ekonomi pertunjukan menyebabkan pertimbangan ulang peraturan: misalnya, apa artinya menjadi wiraswasta di zaman Uber? Untuk meminimalkan gangguan dan memaksimalkan manfaat, kita harus mengadaptasi kebijakan tentang data digital dan perpajakan internasional, kebijakan dan ketimpangan tenaga kerja, dan pendidikan dan persaingan dengan realitas yang muncul. Dengan kebijakan yang baik dan keinginan untuk bekerja sama lintas batas, kita dapat dan harus memanfaatkan teknologi yang menarik ini untuk meningkatkan kesejahteraan tanpa mengurangi energi dan antusiasme era digital.
Mengingat jangkauan global teknologi digital, dan risiko perlombaan ke bawah, ada kebutuhan untuk kerja sama kebijakan yang serupa dengan pasar keuangan global dan lalu lintas laut dan udara. Dalam arena digital, kerja sama tersebut dapat mencakup pengaturan perawatan data pribadi, yang sulit diawasi dengan cara spesifik negara, mengingat sifat internasional Internet, serta aset tidak berwujud, yang sifat dan lokasinya yang agak amorf dapat mempersulit perpajakan perusahaan digital. Dan sistem pengawasan keuangan yang diarahkan untuk memantau transaksi antar lembaga keuangan akan mengalami kesulitan dalam berurusan dengan pertumbuhan pembayaran peer-to-peer, termasuk ketika menyangkut pencegahan pendanaan kejahatan.
Pentingnya kerjasama juga menyiratkan peran bagi organisasi internasional global seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Lembaga-lembaga ini, dengan keanggotaan luas mereka, dapat menyediakan forum untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh revolusi digital, menyarankan solusi kebijakan yang efektif, dan garis besar pedoman kebijakan. Agar berhasil, pembuat kebijakan perlu merespons dengan cepat situasi yang berubah, mengintegrasikan pengalaman lintas negara dan masalah, dan menyesuaikan saran secara efektif dengan kebutuhan negara.
Revolusi digital harus diterima dan ditingkatkan daripada diabaikan dan ditekan. Sejarah teknologi tujuan umum sebelumnya menunjukkan bahwa bahkan dengan dislokasi jangka pendek, mengatur kembali ekonomi di sekitar teknologi revolusioner menghasilkan manfaat jangka panjang yang sangat besar. Ini tidak meniadakan peran kebijakan publik. Sebaliknya, justru pada saat perubahan teknologi yang hebat kebijakan yang masuk akal dibutuhkan. Pabrik-pabrik yang diciptakan oleh usia uap juga mengantarkan peraturan tentang jam kerja, tenaga kerja remaja, dan kondisi pabrik.
Demikian pula, ekonomi pertunjukan menyebabkan pertimbangan ulang peraturan: misalnya, apa artinya menjadi wiraswasta di zaman Uber? Untuk meminimalkan gangguan dan memaksimalkan manfaat, kita harus mengadaptasi kebijakan tentang data digital dan perpajakan internasional, kebijakan dan ketimpangan tenaga kerja, dan pendidikan dan persaingan dengan realitas yang muncul. Dengan kebijakan yang baik dan keinginan untuk bekerja sama lintas batas, kita dapat dan harus memanfaatkan teknologi yang menarik ini untuk meningkatkan kesejahteraan tanpa mengurangi energi dan antusiasme era digital.
0 Comments